Evaluasi Kinerja Pengawas Sekolah Dasar Negeri Se Kota Mataram Pada Masa Covid-19
DOI:
10.29303/jpap.v5i1.483Published:
2021-01-29Issue:
Vol. 5 No. 1 (2021)Keywords:
Evaluasi kinerja pengawas, model CIPP, pandemi covid-19Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevalausi kinerja pengawas sekolah dasar Se Kota Mataram pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengawas sekolah karena pengawas sekolah mempunyai tugas pokok menilai dan pembinaan penyelenggaraan pendidikan pada sejumlah sekolah tertentu baik negeri maupun swasta yang menjadi tanggung jawabnya walaupun pada masa sulit seperti saat ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan metode kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan yaitu model evaluasi CIPP meliputi evaluasi konteks (context evaluation), evaluasi masukan (input evaluation), evaluasi proses (process evaluation) dan evaluasi produk/hasil (product evaluation). Sampel berjumlah 94 guru dengan teknik random sampling dari populasi sebesar 994 guru yang tersebar pada 167 sekolah dasar di Kota Mataram. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif persentase dan statistik inferensial oneway anova. Hasil penelitian capaian kinerja pengawas pada aspek konteks 89,5%, aspek input 81,2%, aspek proses 86,4%, dan aspek produk 85,9%. Hasil analisis statitik oneway respon sampel berdasarkan aspek jender dan masa kerja di atas 0,05 yang menunjukkan faktor jender dan masa kerja tidak mempengaruhi penilaian terhadap kinerja pengawas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kinerja pengawas se Kota Mataram menunjukan kinerja sayang sangat baik dengan persentase 85,9%.
References
Amran. (2015). Faktor penentu keberhasilan pengelolaan satuan pendidikan. Jurnal Manajer Pendidikan, 9(2), 185–196.
Aziz, S., Mahmood, M., & Rehman, Z. (2018). Implementation of CIPP Model for Quality Evaluation at School Level: A Case Study. Journal of Education and Educational Development, 5(1), 189-206.
Darodjat, D., & Wahyudhiana, W. (2015). Model evaluasi program pendidikan. Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 1-23.
Gunadi, R. A. A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan Dengan Model Context Input Process Product (CIPP). Jurnal Ilmiah Widya, 2(1), 1–8.
Hartini, Rugaiyah, & Kahar, A. (2020). Evaluasi Program Pendidikan Pengembangan Spesialisasi polri T.A. 2018 di Sekolah Pimpinan Tingkat Pertama Polri. Jurnal Visipena, 11(1), 99–115.
Hartono, A. S. (2017). Evaluasi Program Islamic Boarding School SMA MTA Surakarta. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 8(3), 126–133.
Husain, S. N. (2014). Peranan pengawas pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran guru di kota Kendari. Selami, 2(40), 15–22.
Jamaluddin, A. A. (2018). Evaluasi Program Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Olahraga Di SMP Negeri 3 Malang Menggunakan Model Cipp. SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, 2(1), 34. https://doi.org/10.26858/sportive.v2i1.5681
Lopo, R. J. K., Masitoh, S., & Hariastuti, R. T. (2020). Implementasi Penilaian Berbasis Portofolio. Jurnal Penita PAUD, 4(2), 187–196.
Luddin, A. B. M. (2013). Kinerja kepala sekolah dalam kegiatan bimbingan dan konseling. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2).
Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal At-Ta’dib, 6(1), 118.
Mahyudin, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Pengawas Dapat Meningkatkan Kompetensi Profesional Tenaga Pendidik Pendidikan Jasmani Olah Raga Dan Kesehatan : Studi pada SD Negeri di Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 1(1), 79–87.
Miswanto. (2016). Evaluasi Pelaksanaan Pendidikan Pesantren Mini Di Madrasah Aliyah Patra Mandiri Plaju Palembang. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 86–104.
Munthe, A. P. (2015). Pentingya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14
Muryadi, A. D. (2017). Model Evaluasi Program dalam Penelitian evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas, 3(1), 1–16.
Mustofa, Y., Razimona, T., Nafi'ah, D. U., & Arifa, Z. (2019). Pengawasan dan Evaluasi Program Bahasa Arab untuk Peningkatan Berkelanjutan di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang. Al-Ma ‘rifah: Jurnal Budaya, Bahasa, dan Sastra Arab, 16(2), 113-121.
Nur, M., Harun, C. Z., & Ibrahim, S. (2016). Manajemen sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan pada sdn dayah guci kabupaten pidie. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 4(1).
Nurcahya, E., Muftiadi, A., & Buchari, A. (2019). Evaluasi Konteks Dan Produk Program Badan Usaha Milik Desa. Unpad.Ac.Id, 2 no 3, 14.
Putra, E. M., & Nusantoro, E. (2015). Evaluasi Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di SMK Negeri 1 Blora (Model Cipp). Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 4(1).
Ramadhan, A. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Di Kabupaten Majene. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 136. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3579
Ridlo, S., & Supriyanto, S. (2011). Pengembangan Instrumen Evaluasi Implementasi Kurikulum Pembelajaran Berbahasa Inggris I-Mhere Di Prodi Pendidikan Biologi Fmipa Unnes: Tinjauan Indikator Dosen. Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes, 28(2), 123651. https://doi.org/10.15294/jpp.v28i2.5638
Riptiani, K. M., Manuaba, I. B. S., & Made Putra, M. P. (2015). Studi evaluasi implementasi kurikulum 2013 ditinjau dari cipp pada sekolah dasar negeri di wilayah pedesaan kabupaten badung. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1).
Sugiyono. (2006). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Virgo, E., & Slameto, S. (2018). Evaluasi Program Manajerial Kepala Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 217-229.