Penilaian Berbasis Digital Menggunakan Computer Based Test (CBT) di SMP NW Jerua
DOI:
10.29303/jpap.v9i2.1104Published:
2025-07-21Issue:
Vol. 9 No. 2 (2025): JULYKeywords:
Penilaian Berbasis Digital, Computer Based Test (CBT)Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penilaian digital menggunakan Computer Based Test (CBT) di SMP NW Jerua. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan memanfaatkan sumber data primer dan sekunder. Teknik Analisa data menggunakan model interaktif dan memeriksa keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tahap perencanaan telah terlaksana dengan baik. Namun, diperlukan pelatihan yang terus berlanjut bagi para guru, khususnya terkait dengan penilaian berbasis digital. 2) Tahap pelaksanaan telah berjalan dengan baik. Meskipun demikian, perlu dilaksanakan simulasi pra-implementasi CBT dan peningkatan pengawasan terhadap siswa agar proses penilaian dapat berlangsung dengan optimal, dan 3) Tahap Evaluasi telah dilakukan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Namun, terdapat kebutuhan untuk melakukan perbaikan lebih lanjut pada sarana dan prasarana agar proses implementasi CBT dapat berjalan dengan lebih baik. Hasil tersebut dapat menunjukkan gambaran manajemen yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi implementasi penilaian berbasis digital menggunakan Computer Based Test (CBT) di SMP NW Jerua.
References
Aljihad, F. (2021). Implementasi Manajemen Sistem Penilaian Pembelajaran secara Daring (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Cilacap). Jurnal Tawadhu. 5(2), 1–13. https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/twd/article/view/260
Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bungin, Burhan. (2013). Metode penelitian sosial & ekonomi: format-format kuantitatif dan kualitatif untuk studi sosiologi, kebijakan, publik, komunikasi, manajemen, dan pemasara edisi pertama. Jakarta: kencana prenada media goup.
Creswell, J. W. (2007). Qualitative Inquiry and Research Design Choosing Among Five Approaches. In Sage Publications (Vol. 77, Issue 4, pp. 731–751). Sage Publications. https://doi.org/10.1111/1467-9299.00177
Fattah, N. (2013). Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Handayani, D. (2019). Keefektifan fungsi koordinasi sekolah di sekolah menengah kejuruan negeri 5 soppeng. Unm. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13152
Handoko, T. H. (2012). Manajemen Edisi 2. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Hikmat. (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung:Pustaka Setia.
Martin, R. (2008). New Possibilities and Challenges for Assessment through the Use of Technology. Towards a Research Agenda on Computerbased Assessment, 6–9. http://crell.jrc.ec.europa.eu/CBA/EU-Report-CBA.pdf
Mesiono. (2017). Dalam Tinjauan Evaluasi Program. Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 4(2), 1–22. http://repository.uinsu.ac.id/3485/1/EVALUASI PROGRAM.pdf
Moleong, Lexy. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Mustari, Mohamad. (2018). Manajemen Pendidikan. Depok: Rajawali Pers
Nurhikmah. (2021). Development of an Android-based Computer Based Test (CBT) In Middle School. Journal of Education Technology, 5(2), 272–281. https://doi.org/10.23887/jet.v5i2.33527
Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Robbins, Stephen P & Judge, (2010). Perilaku Organisasi, Indek Kelompok .Gramedia, Jakarta.
Sagala, S. (2000). Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono, S., Sutarman, S., & Rochmadi, T. (2019). Pengembangan Sistem Computer Based Test (CBT) Tingkat Sekolah. Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI), 2(1), 1. https://doi.org/10.21927/ijubi.v2i1.917
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Suryadin, A., Ramdani, A., & Syafruddin. (2023). How Guru Pengerak (GP) In Lombok Central District In Self Development? 1–8.
Syakir, H. (2022). Peran Kepala Sekolah Sebagai administrator (studi multisitus) di MIN 1 dan MIN 2 Flores Timur. Jurnal Visionary, 1(1), 43–52. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/visionary/article/view/638
Terry, George R. (2016). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Van Meter, D. S., & Van Horn, C. E. (1975). The Policy Implementation Process: A Conceptual Framework. Administration & Society, 6(4), 445–488. https://doi.org/10.1177/009539977500600404
Wagner, T. (2010). Overcoming The Global Achievement Gap. Cambridge: Harvard University.
Wardani, S. U. K. (2021). Efektivitas Penggunaan Sistem Computer Based Test dan Paper Based Test dalam Pelaksanaan Ujian Tengah Semester Bahasa Indonesia di SMPN 6 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 491. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.39676
Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods. In Journal of Hospitality & Tourism Research (Vol. 53, Issue 5). Sage Publications. https://doi.org/10.1177/109634809702100108