Manajemen Pengembangan Profesionalitas Guru di SMP Negeri 1 Tanjung Kabupaten Lombok Utara
DOI:
10.29303/jpap.v9i2.1102Published:
2025-07-15Issue:
Vol. 9 No. 2 (2025): JULYKeywords:
Manajemen, Pengembangan, Profesionalitas GuruArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pengembangan profesionalitas guru di SMP Negeri 1 Tanjung Kabupaten Lombok Utara dan tantangan yang dihadapi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pengembangan profesionalitas guru di SMP Negeri 1 Tanjung sudah dilakukan dengan baik dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Pengembangan profesionalitas guru dilakukan menggunakan pendekatan Buy dan make yaitu pengembangan dimulai dari proses perekrutan guru dengan standar kualifikasi pendidikan minimal S1, memiliki sertifikat pendidik sampai dengan pengembangan kompetensi guru setelah menjadi bagian dari guru SMP Negeri 1 Tanjung. Pelaksanaan pengembangan kompetensi guru dilakukan secara formal dan nonformal melalui dua program yaitu program sekolah penggerak dan program rutin sekolah. Bentuk kegiatan pengembangan kompetensi guru berupa pelatihan komite pembelajar, lokakarya, IHT, pembinaan oleh kepala sekolah, supervisi, pelatihan, workshop dan berbagi praktik baik. Dalam pelaksanaanya terdapat berbagai tantangan yang dihadapi yaitu tantangan yang berasal dari internal guru dan tantangan yang berasal dari eksternal guru.
References
Alam, K., Handoyo, E., Zulaeha, I., & Fakhruddin, F. (2023). Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Prosiding Seminar …, 437–443. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/2161%0Ahttps://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/2161/1644
Amstrong, M. (2006). A Handbook Of Human Resource Management Practice (10th ed.). UK: Kogan Page Limited.
Arikunto, S., & Abdul Jabar, C. (2008). Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis dan Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Bumi Aksara.
Farihin. (2022). Pengembangan Profesionalisme Guru (1st ed.). Aksara Satu.
Hasibuan, M. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PPT Rosda Karya.
Maullidina, K., Mulyani, E. S., & Atikah, C. (2023). Pengaruh Profesionalisme Guru terhadap Kualitas Pendidikan. Journal of Education Research, 4(4), 1731–1736.
Mulyadi, S., Basuki, M. H., & Prabowo, H. (2019). Metode penelitian kualitatif dan mixed method (1st ed.). Rajawali pers.
Mustari, M. (2018). Manajemen Pendidikan (3rd ed.). PT. Rajagrafindo Persada.
Nasution, A. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (M.Albina (ed.); 1st ed.). CV. Harva Creative.
Rahmah, S. (2014). Guru Profesional. In Kaukaba Dipantara Yogyakarta. Kaukaba Dipantara.
Saefullah. (2021). Manajemen Pendidikan Islam (4th ed.). CV Pustaka Setia.
Safwan, I. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (1st ed.). Alfabeta.
Sanda. (2022). Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(1), 79–88. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i1.765
Siagian, S. P. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia (22nd ed.). Bumi Aksara.
Sutikno, S. (2012). Manajemen Pendidikan (Langkah Praktis Mewujudkan Pendidikan yang Unggul) (1st ed.). Holistika.
Terry. R, R. W. (2019). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.