Manajemen Pengembangan Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Kelompok Kerja Guru Olahraga di Kecamatan Praya
DOI:
10.29303/jpap.v9i2.1093Published:
2025-07-08Issue:
Vol. 9 No. 2 (2025): JULYKeywords:
KKGO, Kompetensi Guru, Manajemen Pendidikan, PJOK, Evaluasi ProgramArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program pengembangan kompetensi guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) melalui Kelompok Kerja Guru Olahraga (KKGO) di Kecamatan Praya. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program pengembangan kompetensi guru PJOK dilakukan secara sistematis dan terstruktur melalui empat fungsi manajemen: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta evaluasi dan pengendalian. Perencanaan dilakukan berdasarkan identifikasi kebutuhan guru secara partisipatif dan dituangkan dalam program kerja tahunan. Pengorganisasian mencakup struktur kepengurusan yang jelas serta pengelolaan sumber daya manusia dan finansial yang transparan. Pelaksanaan program meliputi kegiatan rutin dan pengembangan kompetensi seperti workshop, pelatihan media pembelajaran, lesson study, dan klinik olahraga. Evaluasi dilakukan secara berkala menggunakan instrumen online dan forum refleksi yang ditindaklanjuti dalam bentuk perbaikan program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program KKGO telah memberikan dampak nyata terhadap peningkatan profesionalisme guru PJOK dan mutu pembelajaran jasmani di sekolah dasar. Evaluasi yang bersifat berkelanjutan dan partisipatif menjadi kunci utama dalam menjamin efektivitas dan keberlanjutan program.
References
Creswell, John W. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Tradition. London: SAGE Publications, 1998
Fahruddin, F., Subhan, M., & Nurhayati, N. (2019). Kompetensi profesional guru dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 21–34.
Hasibuan, M. S. P. (1996). Manajemen: Dasar, pengertian,
Kimani, G. N. (2011). Educational Management. African Virtual University.
Kristiawan, M., Safitri, D., & Lestari, R. (2017). Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Deepublish
Permendiknas RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. (2007). Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Rasyid H Al. Fungsi Kelompok Kerja Guru (Kkg) Bagi Pengembangan. J Pendidik Dasar Indones. 2015;2(12):143–50.
Riyadi, S., & Deddy, S. (2005). Dasar-dasar manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Sumardi, L. (2006). Kompetensi sosial guru dalam perspektif pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Sumardi, L., et al., (2024). Penguatan kompetensi abad 21 dalam pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Sumardi, L., et al., (2024). Transformasi kompetensi guru dalam mendukung pembelajaran berkualitas. Yogyakarta: Deepublish.
Sussana. (2014). Psikologi kepribadian guru. Jakarta: Bumi Aksara.
Ummah, A. N. (2016). Sistem pembinaan profesional guru dalam komunitas belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 35–41.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (2005). Jakarta: Sekretariat Negara.
Usman, H. (2009). Manajemen: Teori, praktik, dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.