Strategi Peningkatan Motivasi Kerja dan Kinerja Tenaga Pendidik Melalui Supervisi Akademik Berbasis Coaching

Authors

Nurul Hapizatul Aini , Yudin Citriadin

DOI:

10.29303/jpap.v9i2.1086

Published:

2025-07-21

Issue:

Vol. 9 No. 2 (2025): JULY

Keywords:

Supervisi Akademik, Coaching, Motvasi Kerja, Kinerja

Articles

Downloads

How to Cite

Hapizatul Aini, N., & Citriadin, Y. (2025). Strategi Peningkatan Motivasi Kerja dan Kinerja Tenaga Pendidik Melalui Supervisi Akademik Berbasis Coaching. JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 9(2), 151–157. https://doi.org/10.29303/jpap.v9i2.1086

Abstract

Dunia pendidikan modern dihadapkan pada tantangan peningkatan kualitas sumber daya manusia, khususnya guru yang memiliki peran sentral dalam keberhasilan proses pembelajaran. Rendahnya motivasi kerja dan kinerja guru menjadi permasalahan strategis yang dapat menghambat tercapainya tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran strategis supervisi akademik berbasis coaching dalam meningkatkan motivasi kerja dan kinerja guru. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka (systematic literature review) dengan teknik pengumpulan data melalui penelusuran buku referensi, artikel ilmiah, jurnal, serta penelitian terdahulu yang relevan. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui klasifikasi, interpretasi, dan sintesis informasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa supervisi akademik berbasis coaching mampu meningkatkan motivasi intrinsik guru dengan memenuhi tiga kebutuhan dasar psikologis yaitu otonomi, kompetensi, dan keterhubungan sosial. Melalui proses reflektif dan dialogis, coaching membantu guru membangun rasa percaya diri, memahami kekuatan dan kelemahan pribadi, serta meningkatkan self-efficacy. Hal ini berdampak langsung pada peningkatan kinerja guru, yang tercermin dari meningkatnya komitmen profesional, kreativitas dalam pembelajaran, serta tanggung jawab terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, supervisi berbasis coaching tidak hanya efektif dalam membangun motivasi kerja, tetapi juga dalam mendorong peningkatan kinerja guru secara berkelanjutan, yang pada akhirnya mendukung pencapaian mutu pendidikan.

References

Abbas, S.A. (20230). Faktor-faktor pendorong motivasi dan perannya dalam mendorong peningkatan kinerja. Balanca: Jurnal Ekonomi dan Bismis Islam.Volume 5 Nomor 1 Tahun 2023.

Agustina, A., Ibrahim, M. M., & Maulana, A. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Pada Mtsn Di Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 111. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.14164

Akuntansi, P. S. (2022). 1* , 2 1,2. 20(1), 105–123.

Baga, S., Taufiqurrahman, T., Alfauzi, F., & Winda, A. (2024). Implementasi Supervisi Akademik Dengan Teknik Coaching Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Universitas Negeri Jakarta , Indonesia SMA Sinar Dharma Jakarta , Indonesia. 1(3).

Bustan. (2022). Problematika Sistem Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 572–575.

Cahyani, D. I., Ulya, F., Muna, M. F., Fadhilah, S., Wachidah, E. U., & Hanik, J. (2021). Peran Lembaga Pendidikan dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Era 4.0 di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Journal of Educational Integration and Development, 1(3), 2021.

Dan, F. P. M., Dalam, P., & Peningkatan, M. (2023). STMIK AMIKA Soppeng. 05(1), 45–55. https://doi.org/10.35905/balanca.v4i1.4295

Dan, P., Di, E., Negeri, S., & Kabupaten, C. (2024). Analisis Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran: Perencanaan, Pelaksanaan Dan Evaluasi Di Smp Negeri 2 Cipeundeuy Kabupaten Bandung Barat. 6681(7), 1523–1531.

Fatmasari, F. (2014). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kemampuan Mengajar Guruterhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Gugus Iisekolah Dasar Kecamatan Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(2), 426–441. https://doi.org/10.22373/jid.v14i2.513

Handiko, Q., & Haryono, H. (2023). Tantangan Kinerja Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 6(1), 630–634.

Ilmiah, J., & Pendidikan, W. (2024). Penerapan Supervisi Akademik Berbasis Coaching Pada Guru Pak di SMP Negei 1 Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow Yetty Lolowang 1 , Wolter Weol 2 , Meyke M. Mamahit 3 Pascasarjana Institut Agama Kristen Negeri Manado. 10(19), 46–58.

Kamaludin, M., &Fauziya, F. (2024). Analisis kinerja guru dalam proses pembelajaran, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi di SMP Negeri 2 Cipwundeuy Kabupaten Bandung Barat. Prosiding, No 7 tahun 2024, 71523-1531.

Karwati, W. (2019). Guru Sdn Santaka Kecamatan Cimanggung Dalam Melaksanakan Standar Proses.

Kusumaningrum, H., Chaerany, C., Kholisah, T.A., &Cahyani, R. (2024). Kinerja guru sebagai aspek strategis dalam pengelolaan sumber daya manusia pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam Muta'allimin. Volume 1 No 3 Tahun 2024.

Milla, M. N. (2022). Catatan Editor JPS - Setelah pandemi: Preferensi individu dan kelompok dalam interaksi sosial. Jurnal Psikologi Sosial, 20(2), iii–iv. https://doi.org/10.7454/jps.2022.11

Musyadad, V. F., Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. 5, 1936–1941.

Nurmalina. (2016). Disiplin dan motivasi kerja guru mempengaruhi prestasi belajar siswa. Jurnal As-Salam, 1(1), Mei-Agustus. ISSN 2528-1402.

Pendidikan, D. M. (2025). Dosen Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia; 2;3;4 Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia 1234. 1(3), 103–114.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Sari, M. (2020). NATURAL SCIENCE : Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA , ISSN : 2715-470X ( Online ), 2477 – 6181 ( Cetak ) Penelitian Kepustakaan ( Library Research ) dalam Penelitian Pendidikan IPA. 41–53.

Silva, A. Da, Hariyati, N., Khamidi, A., & Wulandari, A. (2025). Penerapan Coaching dan Mentoring dalam supervisi Akademik sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru. 8, 2680–2686.

Simomura, B. (2024). Teori Motivasi. https://www.bilsonsimamora.com/teori-motivasi/

Surwanti, A. (2011). Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Dan Kinerja. Jbti, II(1), 88–97.

Tanggulungan, L., & Sihotang, H. (2023). Coaching Model Tirta dalam Supervisi Akademik : Strategi Inovatif untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. 7, 31399–31407.

Tarigan, C., Ginting, E. F., & Syahputra, R. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Kinerja Pengajar Dengan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS). Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD, 5(1), 16-24.

Tengah, A., & Guru, A. D. K. (2016). Disiplin dan Motivasi Kerja Guru Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa. 1(1), 83–95.

Author Biographies

Nurul Hapizatul Aini, Universitas Islam Negeri Mataram

Yudin Citriadin, Universitas Islam Negeri Mataram