Evaluasi Program Unggulan MABIT (Malam Bina dan Taqwa) di TKIT Anak Sholeh Mataram Menggunakan Model Evaluasi CIPP
DOI:
10.29303/jpap.v9i2.1042Published:
2025-07-15Issue:
Vol. 9 No. 2 (2025): JULYKeywords:
Evaluasi Program, MABIT, Karakter Religius, Model CIPP, Anak Usia DiniArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program Malam Bina dan Taqwa (MABIT) di TKIT Anak Sholeh Mataram dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Informan terdiri dari kepala sekolah, guru, orang tua, dan peserta didik. Hasil evaluasi pada komponen konteks menunjukkan bahwa pelaksanaan program MABIT dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk menanamkan nilai-nilai karakter religius sejak usia dini sebagai bagian dari misi sekolah. Pada komponen input, program didukung oleh tenaga pendidik yang kompeten, sarana prasarana yang memadai, dan kurikulum yang berbasis nilai-nilai Islam. Evaluasi proses menunjukkan bahwa kegiatan MABIT dilaksanakan secara sistematis melalui aktivitas seperti salat berjamaah, tadabbur alam, pembacaan kisah islami, dan muhasabah. Komponen produk menunjukkan bahwa program ini berkontribusi positif terhadap pembentukan karakter religius peserta didik, seperti peningkatan kedisiplinan, kepedulian, dan kebiasaan ibadah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa program MABIT berjalan secara efektif dan relevan dalam mendukung visi sekolah, namun masih perlu peningkatan dalam aspek pelibatan orang tua dan kesinambungan kegiatan pasca-program.
References
Isjoni. (2010). Pembelajaran aktif dalam pendidikan anak usia dini. Pustaka Insan Madani.
Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.
Marjani, Alwi. (2014). Pendidikan karakter: Solusi bijak menyikapi perilaku menyimpang anak (Cet. I). Alauddin University Press.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. (2017). Sekretariat Negara Republik Indonesia. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/72247/perpres-no-87-tahun-2017
Rossi, P. H., Lipsey, M. W., & Freeman, H. E. (2004). Evaluation: A systematic approach (7th ed.). SAGE Publications.
Sauri, S. (2013). Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam. Remaja Rosdakarya.
Stufflebeam, D. L. (1971). The relevance of the CIPP evaluation model for educational accountability. Journal of Research and Development in Education, 5(1), 19–25.
Stufflebeam, D. L. (2007). CIPP evaluation model checklist: A tool for applying the CIPP model to assess long-term enterprises. The Evaluation Center, Western Michigan University. https://wmich.edu/evaluation/checklists
Stufflebeam, D. L., & Coryn, C. L. S. (2014). Evaluation theory, models, and applications (2nd ed.). Jossey-Bass.
Stufflebeam, D. L., & Shinkfield, A. J. (2007). Evaluation theory, models, and applications. Jossey-Bass.
Tilaar, H. A. R. (2004). Pendidikan, kebudayaan dan masyarakat madani Indonesia. Remaja Rosdakarya.