Evaluasi Program Kelas Bilingual Berbasis CIPP (Context, Input, Process, Product) dalam Meningkatkan Kompetensi Berbahasa Inggris Siswa SMAN 5 Mataram
DOI:
10.29303/jpap.v9i2.1041Published:
2025-07-08Issue:
Vol. 9 No. 2 (2025): JULYKeywords:
Evaluasi Program, Kelas Bilingual, Model CIPP, Kompetensi Bahasa Inggris, Pendidikan MenengahArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan Program Kelas Bilingual di SMAN 5 Mataram menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Program ini dirancang sebagai strategi peningkatan mutu pendidikan yang bertujuan membentuk lulusan yang unggul secara akademik dan memiliki kompetensi bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris. Pendekatan penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi yang dianalisis menggunakan model Miles & Huberman. Hasil evaluasi pada aspek konteks menunjukkan bahwa program bilingual merupakan respon terhadap kebutuhan globalisasi dan harapan masyarakat. Pada aspek input, sekolah telah menyiapkan sumber daya manusia, kurikulum bilingual, dan sarana pembelajaran dengan cukup baik. Evaluasi proses menunjukkan bahwa pembelajaran telah berjalan dengan pendekatan CLIL (Content and Language Integrated Learning) dan menggunakan media digital, meskipun masih menghadapi tantangan heterogenitas kemampuan siswa. Sedangkan pada aspek produk, ditemukan peningkatan kompetensi bahasa Inggris siswa, baik dalam kemampuan lisan maupun tertulis, meskipun dibutuhkan penguatan dukungan lingkungan belajar. Secara keseluruhan, program ini menunjukkan efektivitas yang baik dan dapat menjadi model pengembangan pembelajaran bilingual di sekolah menengah atas lainnya.
References
Alzahrani, M. M. (2021). The impact of using the CIPP model for evaluating the performance of academic programs. International Journal of Higher Education, 10(3), 121–130. https://doi.org/10.5430/ijhe.v10n3p121
Crystal, D. (2003). English as a global language (2nd ed.). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511486999
Fatimah, S. (2021). The effectiveness of bilingual class in improving English speaking skills. Journal of English Language Teaching and Linguistics, 6(2), 233–245. https://doi.org/10.21462/jeltl.v6i2.524
Garcia, O. (2009). Bilingual education in the 21st century: A global perspective. Wiley-Blackwell.
Intan, M., Rahmah, S., & Yusuf, A. (2023). Evaluasi program bilingual berbasis khitobah di pesantren: Studi evaluatif dengan pendekatan CIPP. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 55–70. https://doi.org/10.14421/jpi.2023.91.055
Király, G., & Géring, Z. (2019). Introduction to ‘Futures of Higher Education’special issue. Futures, 111, 123-129.
Kemendikbud. (2020). Peta jalan penguatan penguasaan bahasa asing di satuan pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kemendikbudristek. (2023). Data sekolah pelaksana program bilingual di Indonesia. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Marsh, D. (2002). CLIL/EMILE: The European dimension – Actions, trends and foresight potential. University of Jyväskylä, Finland: European Commission Directorate-General for Education and Culture.
Sari, Y. D., & Herman. (2021). Strengthening English language competence in senior high school through bilingual program implementation. Journal of Language and Linguistic Studies, 17(1), 321–334. https://doi.org/10.17263/jlls.884028
Stufflebeam, D. L., & Coryn, C. L. S. (2014). Evaluation theory, models, and applications (2nd ed.). Jossey-Bass.
Stufflebeam, D. L., & Zhang, G. (2017). The CIPP evaluation model: How to evaluate for improvement and accountability. Guilford Press.
Tyler, R. W. (1949). Basic principles of curriculum and instruction. University of Chicago Press.