Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMA Negeri Kecamatan Wera Kabupaten Bima

Authors

Nurmi , Fahruddin , Mohammad Mustari , Mansur Hakim , Fahruddin

DOI:

10.29303/jpap.v9i2.1037

Published:

2025-07-08

Issue:

Vol. 9 No. 2 (2025): JULY

Keywords:

Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Implementasi, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Articles

Downloads

How to Cite

Nurmi, N., Fahruddin, F., Mustari, M., Hakim, M., & Kadir Jaelani, A. (2025). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMA Negeri Kecamatan Wera Kabupaten Bima. JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 9(2), 70–74. https://doi.org/10.29303/jpap.v9i2.1037

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengimplementasikan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada jenjang SMA di Kecamatan Wera, Kabupaten Bima. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi terhadap tiga kepala sekolah SMA Negeri di wilayah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan strategi kepemimpinan transformasional dan adaptif yang terbagi ke dalam empat aspek utama, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta pengawasan dan evaluasi. Strategi perencanaan dilakukan secara kolaboratif dan kontekstual dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Dalam pengorganisasian, pembagian tugas dilakukan berdasarkan kompetensi dan minat guru, sedangkan pelaksanaan ditekankan pada pendekatan berbasis proyek dan penguatan motivasi. Evaluasi diarahkan pada penilaian proses serta pembentukan karakter siswa. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan modul, literasi guru, dan partisipasi orang tua. Sebagai solusi, kepala sekolah menginisiasi pelatihan internal, membangun kolaborasi eksternal, dan memanfaatkan media digital. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang reflektif, kolaboratif, dan berbasis nilai sangat berperan dalam menyukseskan implementasi kurikulum merdeka melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), dan menjadi model strategis yang dapat direplikasi di konteks sekolah menengah lainnya.

References

BIE (Buck Institute for Education). (2015). Panduan pembelajaran berbasis proyek untuk guru (Edisi ke-3). PT Indeks

Creswell, J. W. (2015). Penelitian kualitatif & desain riset: Memilih di antara lima pendekatan (Edisi ke-4).

Deal, T. E., & Peterson, K. D. (2009). Membentuk budaya sekolah: Jebakan, paradoks, dan janji (Edisi ke-2). Indeks.

Epstein, J. L. (2001). Kemitraan sekolah, keluarga, dan masyarakat: Menyiapkan pendidik dan meningkatkan kualitas sekolah. Pustaka Pelajar. (Judul asli: "School, Family, and Community Partnerships")

Fullan, M. (2001). Memimpin dalam budaya perubahan (Edisi ke-1). Kaifa.

(Judul asli: Leading in a Culture of Change)

Fullan, M. (2007). The new meaning of educational change (4th ed.). Teachers College Press.

Gorton, R. A., & Alston, J. A. (2009). Kepemimpinan dan administrasi sekolah: Konsep penting, studi kasus, dan simulasi (Edisi ke-8). Rajawali Pers. (Judul asli: "School Leadership and Administration")

Hallinger, P. (2005). Kepemimpinan instruksional dan sekolah yang efektif. Rajawali Pers.

(Judul asli: Instructional Leadership and Effective Schools)

Johnson, B. L. (2002). Dimensi sosial kepemimpinan sekolah: Studi kasus agensi kepala sekolah di lingkungan urban. PT Remaja Rosdakarya. (Judul asli: "The Social Dimensions of School Leadership")

Kemendikbudristek. (2022). Profil pendidikan anak usia dini di Indonesia tahun 2022. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Leithwood, K., Louis, K. S., Anderson, S., & Wahlstrom, K. (2004). How leadership influences student learning. The Wallace Foundation.

Leithwood, K., & Jantzi, D. (2006). Kepemimpinan transformasional dalam pendidikan: Dampaknya pada pembelajaran siswa. Pustaka Belajar.

Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Analisis data kualitatif: Metode sumber buku teks (Edisi ke-3). UI Press.

Ngalim Purwanto. (2010). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Remaja Rosdakarya.

Senge, P. M. (1990). The fifth discipline: The art and practice of the learning organization. Doubleday.

Slameto. (2020). Model, program, evaluasi beserta tren supervisi pendidikan. Qiara Media.

Spillane, J. P. (2006). Distributed leadership. Jossey-Bass.

Stufflebeam, D. L., Madaus, G. F., & Kellaghan, T. (2007). Evaluation models: Viewpoints on educational and human services evaluation (2nd ed.). Kluwer Academic Publishers.

Zepeda, S. J. (2012). Supervisi instruksional: Panduan berbasis lapangan untuk pemimpin pendidikan (Edisi ke-3). Indeks.

Author Biographies

Nurmi, Universitas Mataram

Fahruddin, Universitas Mataram

Mohammad Mustari, Universitas Mataram

Mansur Hakim, Universitas Mataram

Fahruddin, Universitas Mataram