Eksplorasi Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
DOI:
10.29303/jpap.v9i2.1030Published:
2025-07-15Issue:
Vol. 9 No. 2 (2025): JULYKeywords:
Berpikir Kritis, Pembelajaran Berbasis Masalah, Penelitian Kualitatif, Keterlibatan Siswa, Keterampilan Abad ke-21Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini mengkaji penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 11 Kota Jambi. Dengan desain studi kasus kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL efektif dalam mendorong berpikir kritis melalui pemecahan masalah aktif, diskusi kolaboratif, dan penalaran berbasis bukti. Siswa menunjukkan peningkatan motivasi, keberanian untuk mengungkapkan pendapat, dan kemampuan untuk menganalisis masalah dari berbagai perspektif. Namun, tantangan seperti keterbatasan literasi, partisipasi siswa yang tidak merata, dan ketersediaan sumber belajar diidentifikasi. Penelitian ini menekankan pentingnya pelatihan guru, materi pembelajaran yang tepat, dan pendampingan terstruktur untuk mengoptimalkan dampak PBL. Temuan ini memperkaya penelitian tentang pedagogi inovatif untuk pendidikan abad ke-21, dengan mengkonfirmasi potensi PBL ketika didukung oleh penyesuaian sistematis.
References
Mailani, E., Setiawati, N. A., Surya, E., & Armanto, D. (2022). Implementasi Realistics Mathematic Education dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi/HOTS pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6813-6821.
Nurhidayah, A. (2024). Pengaruh Virtual Reality (VR) Berbantuan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Sukmayadi, T., Maarif, M., Fitri, H. R., Dewi, A. K., Merkuri, Y. G., & Haryanti, A. N. (2024). Membangun keterampilan berpikir kritis mahasiswa melalui literasi kewarganegaraan di Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(2), 245-256.
Fauzi, B. B. N., Qomaruzzaman, B., & Zaqiah, Q. Y. (2023). Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Inovasi Pembelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2093-2098.
Umam, L. H., Khoiri, K., Puspitasari, E., Wijaya, T., & Ansori, A. A. (2024). Strategi Interaktif Guru dalam Mengintegrasikan Narasi Sejarah Islam untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa MTs Darul A'mal Metro. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 4(2), 175-186.
SARI, J. N., SAFITRI, D., & SUJARWO, S. (2025). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY TERINTEGRASI GOOGLE SITES DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS PADA TINGKAT SMP. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 65-79.
Prianti, A. T. (2022). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada mata Kuliah Asuhan Kebidanan antenatal Terhadap Keterampilan Klinik Mahasiswa DIII Kebidanan= The Effect of the Application of Problem-Based Learning in Antenatal Midwifery Care Courses on Clinical Skills of Diploma III Midwifery Students (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).
Elsa, H. M. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS WEB GOOGLE SITES TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).